PENGAJARAN PROYEK

•         Dasar filosofis dan pedagogis dari pengajaran-pengajaran proyek diletakan oleh John Dewey (1859-1952), namun pelaksanaanya dilakukan oleh pengikutnya,utamanya W.H.Kilpatrick.

•         J.Dewey menegaskan bahwa sekolah haruslah sebagai mikrokosmos dari masyarakat,oleh karena itu, pendidikan adalah suatu proses kehidupan itu sendiri dan bukannya penyiapan untuk kehidupan dimasa datang.

•         Dalam pengajaran proyek anak bebas menentukan pilihannya (terhadap pekerjaan),merancang serta memimpinnya.

•         Proyek yang ditentukan oleh anak, mendorongnya mencari jalan pemecahan bila ia menemui kesukaran, dengan sendirinya anak akan giat dan aktif karena sesuai dengan apa yang diinginkannya.

•         Dalam pengajaran proyek anak-anak mengerjakan suatu pekerjaan secara berkelompok untuk menghidupkan rasa gotong royong. juga dalam bekerja sama itu akan lahir sifat-sifat baik seperti bersaing secara sportif,bebas menyatakan pendapat dan disiplin yang sewajarnya.

•         Perlu ditekankan bahwa pengajaran proyek akan menumbuhkan kemampuan untuk memandang dan memecahkan persoalan secara komprehensif; dengan kata lain, menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah secara multidisiplin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: