SUPERVISI PENDIDIKAN

Supervisi sebagai pengamat berupa penilaian dan perbaikan oleh para ahli. Sehingga supervisi dapat diartikan sebagai semua usaha yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaran.

Tugas Supervisi
1. Tugas Perencanaan
2. Tugas Administrasi
3. Melaksanakan Penelitian
4. Melaksanakan demonstrasi mengajar untuk guru
5. Partisipasi secara langsung dalam pengembangan kurikulum

Peran Supervisi :
a. Supervisi Traktif (melakukan perubahan yang sudah ada)
b. Supervisi dinamik (membuat program baru)

Fungsi : membantu, mendorong, dan memberikan keyakinan kepada guru, bahwa PBM dapat dan harus diperbaiki.

Tahap-tahap Supervisi :
a. Monitoring
b. Evaluasi
c. Supervisi , dengan pengamatan yang dilakukan adalah :
1. Kunjungan Kelas atau untuk sekarang ini adalah Lesson Study
2. Instrumen (pengecekan)
d. Pelaksana supervisi
Berdasarkan UU No.20/2003 : 1. Pemerintah
2. Pemda
3. Masyarakat atau komite sekolah

Pelaksanaan Supervisi
Landasan
1. Pancasila
2. Pemecahan masalah didasarkan kepada pendekatan ilmiah dan dilakukan secara kreatif
3. Berorientasi pada hasil belajar
4. Menjamin kontinuitas perbaikan dan perubahan program pengajaran
5. Bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif

Tugas Supervisior

* Tugas Pendahuluan : 1. Pengembangan kurikulum

2. Pemenuhan fasilitas

* Tugas operasional
* Tugas Perkembangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: