MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Manajemen Berbasis Sekolah

Berbasis : Sebuah penerapan manajemen yang melihat kondisi sekolah

  1. 1. Latar Belakang
  • Program peningkatan mutu pendidikan telah dilaksanakan selama enam pelita dengan investasi yang cukup besar ; namun mutu pendidikan masih rendah
  • Sekolah tahu lebih tahu kelibahannya, kelemahan dan kebutuhan dirinya
  • Pengamatan terhadap sekolah bermutu dan sekolah yang turun mutunya
  • Pembinaan pendidikan selama ini lebih bersifat “input oriented”
  • Regulasi birokrasi terhadap penyelenggaraan terlalu ketat
  • Partisipasi masyarakat belum optimal
  • Hasil studi tentang “evective school”
  1. 2. Dampak Kebijakan Manajemen Sentralistik
  • Inisiatif dan kreatifitas kurang berkembang
  • Tanggung jawab kurang
  • Bersikap birokratik
  • Bekerja mekanistis, repetitive
  • Semangat bekerja kurang
  1. 3. Karakteristik
  • Kemandirian
  • Penmberayagunaan SDM
  • Pemberdayagunaan masyarakat
  • Transparansi
  • Akuntabilitas
  1. 4. Esensi umum MBS
  • Ada “framework” (kerangka acuan) nasional
  • Ada “national lines” (garis besar pedoman secara nasional)
  • Perbedaan pengolaan sekolah negeri dan swasta tidak terlalu besar
  1. 5. Ciri sekolah efektif
  • Lingkungan tertib dan aman
  • Visi, misi dan target yang jelas
  • Kepemimpinan yang kuat
  • Pengembanagan staf
  • Tingkat harapan yang tinggi
  • Evaluasi untuk perbaikan PBM
  • Partisipasi orang tua dan masyarakat
  • Ada yang komitmen untuk bersama-sama meningkatan mutu

Ciri-ciri ini hanya mungkin segera dilakukan secara optimal melalui SBM

  1. 6. Tujuan MPMBS
  • Meningkatan mutu pendidikan melalui kemandirian
  • Mengoptimalkan sumber daya sekolah dan mengsinergikan program peningkatan mutu
  • Meningkatan motivasi dan kepuasan kerja
  • Meningkatan tanggung jawab sekolah terhadap “stakeholders” pendidikan
  • Memacu semangat (motivasi) kompetitif sehat antar sekolah
  1. 7. Langkah MPMBS
  • Evaluasi diri
  • Perumusan visi, misi dan target mutu yang jelas
  • Perencanaan program kegiatan
  • Pelaksanaaan program kegiatan
  • Monitoring dan evaluasi program
  • Penetapan target mutu baru
  1. 8. Kontrol pelaksanaan
  • Transparansi manajemen sekolah
  • Akuntabilitas
  • Benchmarking (pembanding, evaluasi internal / eksternal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: